Ini nih Domba Simadu dari Subang

- Senin, 28 November 2022 | 18:18 WIB
Peternakan domba simadu meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Sarireja.  (Instagram @depoternakindonesia)
Peternakan domba simadu meningkatkan pendapatan masyarakat Desa Sarireja. (Instagram @depoternakindonesia)

Tangerangraya.id - Pertanian dan peternakan merupakan bidang usaha mayoritas warga desa. Begitu pun di Desa Sarireja, Kabupaten Subang. Desa ini identik dengan budi daya nanas dan domba.

Budi daya buah nanas yang satu ini sudah dilakukan secara turun-temurun. Nanas Sarireja terkenal karena ukurannya yang jumbo dengan rasa super manis.

Namanya nanas Simadu. Beratnya bisa lebih dari 2 kilogram. Sesuai namanya, rasa daging buahnya semanis madu. Di warung buah, nanas simadu dijual dengan harga Rp25 ribu per buah. Selembar uang merah bisa ditukar dengan lima buah nanas ukuran paling besar. Boleh memilih sendiri.

Baca Juga: Bogor Go Green 7 Jadi Paduan Lingkungan, Ekonomi, dan Sosial

Warga Sarireja memanen nanas tiga hari sekali. Seminggu dua kali. Ketika saya berkunjung ke Sarireja belum lama ini, sedang tidak ada kegiatan panen nanas. "Senin dan Selasa depan kami panen lagi,’’ terang Pak Ali, tokoh masyarakat Sarireja, seusai menerima kunjungan kepala cabang Bank Mandiri Subang.

Nanas simadu ternyata juga membuat Desa Sarireja terlihat manis di mata lembaga perbankan. Bank Mandiri Cabang Subang datang menawarkan kerja sama pembiayaan pupuk melalui koperasi petani dengan sistem Yarnen alias dibayar setelah panen. Sistem Yarnen lazim di kalangan petani Sarireja.

Nanas simadu makin kondang sejak dimulainya demplot ujicoba pupuk khusus buah nanas yang dikembangkan PT. Pupuk Kujang di Desa Sarireja pada 2017.

Baca Juga: Bangun Bendungan Jragung, Suplai Kebutuhan Air di Semarang

Dua tahun kemudian, PT. Pupuk Kujang menggulirkan program corporate social responsibility (CSR) dengan nama Kampung Nanasku. Program ini mengintegrasikan proses budi daya, pengolahan produk hingga pemasarannya.

Halaman:

Editor: Josep Lopiwudhi

Sumber: tangerangraya.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Elon Musk Bukan Lagi Orang Terkaya di Dunia

Rabu, 18 Januari 2023 | 14:10 WIB

Tradisi Tahun Baru Imlek, Ini Penjelasannya

Jumat, 13 Januari 2023 | 18:25 WIB

Ferdy Thaeras Gelar Pameran Tunggal Les Bonnes

Selasa, 10 Januari 2023 | 14:06 WIB

Ayo Kenali Busok, Kucing Ras Asli Indonesia

Kamis, 29 Desember 2022 | 12:34 WIB

Pesiyaran, Cerita Kartu Pos 2022

Senin, 26 Desember 2022 | 12:20 WIB

Jogja Menari Digelar di Candi Prambanan

Kamis, 22 Desember 2022 | 19:40 WIB

Terpopuler

X