• Selasa, 29 November 2022

Jadi Kolaborator KSBB, EEN Kontribusi dalam Penanganan Lingkungan Hidup di DKI Jakarta

- Kamis, 22 September 2022 | 22:48 WIB
Para kolaborator KSBB, di antaranya Pertamina, Bogasari, Universitas Trisakti, Eco Enzyme Nusantara, dan komunitas Rubah Kertas.  (een)
Para kolaborator KSBB, di antaranya Pertamina, Bogasari, Universitas Trisakti, Eco Enzyme Nusantara, dan komunitas Rubah Kertas. (een)

TangerangRaya.id - Isu lingkungan hidup menjadi tanggung jawab bersama. Pemerintah tidak mungkin bisa bekerja sendiri dalam mengatasi masalah lingkungan, tanpa keterlibatan masyarakat.

Karena itulah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta membentuk forum KSBB  (Kolaborasi Sosial Berskala Besar).

Wadah kolaborasi ini melibatkan berbagai institusi, dunia usaha, akademisi, komunitas, dan lainnya. Saat ini sudah ada 45 institusi yang menjadi kolaborator dan agregator.

Baca Juga: Ampas Eco Enzyme Ternyata Punya Banyak Manfaat, Ini Testimoninya

Forum KSBB ini dapat memberikan masukan kepada Pemprov DKI Jakarta terkait pengelolaan lingkungan, juga mendukung rencana kerja pemerintah melalui aksi mandiri atau kolaborasi.

Forum ini pun dapat mengajak para pemangku kepentingan untuk berpartisipasi dalam mendukung pengelolaan lingkungan hidup

Untuk efektivitas tugas, saat ini forum KSBB sudah dibagi menjadi tiga klaster, yaitu persampahan, perubahan iklim, udara dan air. Juga dibagi dalam kelompok kerja, mulai dari pengurangan hingga penanganan sampah.  

Baca Juga: Pembuatan Eco Enzyme Jadi Materi P5 Kurikulum Merdeka di SD Diakonia

Kepala DLH DKI Jakarta, Asep Kuswanto, dalam acara KSBB di Jakarta, Rabu (21/9/22) berharap dengan bertambahnya pihak yang terlibat, dari 21 kolaborator kini menjadi 45, akan semakin banyak sampah yang bisa dikelola.

Menurut data DLH DKI Jakarta setiap hari DKI Jakarta menghasilkan sekitar 8000 ton sampah yang dikirim ke TPST Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat.

Halaman:

Editor: Saptorini

Sumber: tangerangraya.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini nih Domba Simadu dari Subang

Senin, 28 November 2022 | 18:18 WIB

Indonesia Hadir pada Pameran Halal Terbesar Dunia

Senin, 28 November 2022 | 15:50 WIB

Uji Coba Terbatas TMII bagi Publik

Selasa, 22 November 2022 | 17:36 WIB

4 Keputusan Penting dari Kongres Kebudayaan Jawa III

Kamis, 17 November 2022 | 16:17 WIB

Google Doodle Ikut Rayakan Hari Angklung Sedunia

Rabu, 16 November 2022 | 10:15 WIB
X