• Minggu, 14 Agustus 2022

Begini Cara Memilih Hewan Kurban yang Sehat dan Sesuai Syariat

- Kamis, 30 Juni 2022 | 15:09 WIB
Hewan kurban yang sehat bisa dilihat dari kulit yang besih, tidak ada luka, mampu berjalan teratur di atas keempat kakinya (tidak cacat), pernafasan tenang, teratur, dan tidak batuk. (Instagram @indofarm.sapi)
Hewan kurban yang sehat bisa dilihat dari kulit yang besih, tidak ada luka, mampu berjalan teratur di atas keempat kakinya (tidak cacat), pernafasan tenang, teratur, dan tidak batuk. (Instagram @indofarm.sapi)

TangerangRaya.id - Salah satu ritual keagamaan yang dijalankan umat Islam adalah merayakan Iduladha atau Hari Raya Kurban, setelah melakukan salat Ied maka umat Muslim melakukan penyembelihan hewan kurban.

Di hari itu ribuan hewan berupa kambing, domba, dan sapi disembelih sebagai ritual tradisi mengenang pengorbanan Nabi Ibrahim A.S.

Karena banyaknya hewan kurban yang disembelih ada kalanya kita kurang memperhatikan kelayakan hewan kurban baik sebelum disembelih, pemotongan, penyimpanan, bahkan saat akan dimasak.

Baca Juga: Mentan Pastikan Hewan Kurban Aman

Untuk mendapatkan hewan kurban yang sehat dan sesuai dengan syariat agama maka hewan itu harus memenuhi syarat ASUH (aman, sehat, utuh, dan halal).

Pertama, untuk mendapatkan hewan kurban yang sehat serta sesuai syariat agama maka diawali dengan peduli dari mana hewan kurban berasal.

Masyarakat yang akan membeli hewan kurban harus tahu apakah hewan kurban yang dibeli berasal dari daerah wabah penyakit kuku dan mulut (PKM) atau tidak.

Baca Juga: Sidang Isbat Kemenag Tetapkan Iduladha 1443 H Jatuh pada 10 Juli 2022

Untuk mengetahui apakah hewan kurban memang sehat, masyarakat bisa meminta penjual untuk menunjukkan ada tidaknya surat keterangan dari dinas pertanian dan peternakan setempat.

Halaman:

Editor: Josep Lopiwudhi

Sumber: Dari Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wajah Baru Borobudur Kian Menawan

Rabu, 10 Agustus 2022 | 18:29 WIB

Salurkan Aspirasi Lewat Lomba Foto Jalan Rusak

Selasa, 9 Agustus 2022 | 17:23 WIB

Ratusan Anakan Tukik Hijau Dilepas di Pulau Ketawai

Senin, 8 Agustus 2022 | 14:18 WIB

Semarang Fashion Trend Wadah Bagi Desainer Muda

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 16:59 WIB

Saatnya Berburu Emas di Bazar Emas Pegadaian

Jumat, 5 Agustus 2022 | 18:48 WIB

Penyelenggaraan Kirab Ruwat Rawat Borobudur

Selasa, 2 Agustus 2022 | 17:06 WIB
X