• Jumat, 1 Juli 2022

Begini Caranya Jadikan IKN Nusantara sebagai Kota Dalam Hutan

- Kamis, 23 Juni 2022 | 08:19 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau Pusat Persemaian Modern (Nursery Center) Mentawir di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. (Kementerian PUPR)
Presiden Joko Widodo meninjau Pusat Persemaian Modern (Nursery Center) Mentawir di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. (Kementerian PUPR)

TangerangRaya.id - Pusat Persemaian Modern Mentawir dibangun untuk mendukung program rehabilitasi hutan di sekitar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Pusat Persemaian Modern Mentawir memiliki luas sekitar 9 hektare dan terletak di Desa Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Pusat persemaian modern ini dapat menghasilkan sekitar 12 juta bibit pohon per tahun yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk penghijauan kawasan IKN Nusantara.

Baca Juga: Presiden Jokowi Tinjau Progres Pembangunan Bendungan Penyedia Air Baku Kawasan IKN Nusantara

"Jadi konsepnya nanti kan kota di dalam hutan," tutur Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam keterangan persnya saat meninjau Pusat Persemaian Modern (Nursery Center) Mentawir, Rabu (22/6/2022).

Sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Kementerian PUPR akan memberikan dukungan prasarana air baku untuk memenuhi kebutuhan air bagi bibit-bibit pohon dengan skala besar seperti yang telah dilakukan Kementerian PUPR di Pusat Persemaian Modern Rumpin, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pemanfaatan air baku bagi bibit-bibit tanaman pada Pusat Persemaian Modern Mentawir nantinya bersumber dari embung yang dibangun Kementerian PUPR dengan kapasitas tampung 160.000 meter3 dan luas genangan 6,3 hektare.

Baca Juga: Hasil Penjurian Sayembara Desain IKN Nusantara, Tiga Karya Terbaik Akan Diumumkan

Embung direncanakan akan dibangun kedalaman efektif 2,5 meter sehingga volume tampungan embung dapat dimanfaatkan kapasitas pengambilan 60 liter per detik.

Halaman:

Editor: Josep Lopiwudhi

Sumber: tangerangraya.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gerakan TDA DigDaya untuk Pemberdayaan UMKM

Kamis, 16 Juni 2022 | 22:01 WIB
X