Terkait Ekspor Nikel, Indonesia Terus Lawan Uni Eropa di WTO

- Selasa, 10 Januari 2023 | 20:13 WIB
Presiden Joko Widodo menyatakan, Indonesia tidak akan bertumbuh jadi negara maju kalau terus mengekspor bahan mentah. (Instagram @dppprojo)
Presiden Joko Widodo menyatakan, Indonesia tidak akan bertumbuh jadi negara maju kalau terus mengekspor bahan mentah. (Instagram @dppprojo)

Tangerangraya.id - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menegaskan Indonesia tidak akan mundur untuk melawan gugatan yang dilayangkan Uni Eropa (UE) di World Trade Organization (WTO) menyangkut kebijakan Indonesia melarang ekspor nikel mentah.

Menurutnya, Indonesia tidak akan bertumbuh jadi negara maju kalau terus mengekspor bahan mentah.

"Kalau ekspornya kirim bahan mentah, sampai kiamat kita cuma jadi negara berkembang!" kata Jokowi, dikutip dari kanal Youtube PDI Perjuangan, Selasa (10/01/2022).

Oleh karena itu, meskipun Indonesia telah dinyatakan kalah gugatan WTO, Jokowi mengatakan, Indonesia akan tetap mengajukan banding.

Baca Juga: Indonesia dan Malaysia Harus Kompak Lawan Diskriminasi Sawit Eropa

Ia juga telah berkoordinasi dengan Menteri Luar Negeri Retno L.P.Marsudi menyangkut langkah tersebut.

"Sudah diputuskan kita kalah. Tadi saya sampaikan ke Bu Menlu jangan mundur, karena inilah lompatan besar peradaban negara kita, saya yakini itu. Kita banding!" tegasnya.

Menurutnya, gugatan yang dilayangkan UE ini merupakan salah satu risiko yang bisa terjadi salam sebuah aktivitas perdagangan.

Karena itulah, meski tetap ada risiko banding yang diajukan Indonesia juga kalah, Indonesia akan tetap berjuang menghentikan ekspor bahan mentah nikel.

Halaman:

Editor: Josep Lopiwudhi

Sumber: Dari Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi Siap Hentikan Ekspor Tembaga Mentah

Rabu, 1 Februari 2023 | 23:20 WIB

Jalan Tol Semarang – Demak Seksi 2 Siap Beroperasi

Sabtu, 21 Januari 2023 | 21:59 WIB

Terpopuler

X