• Jumat, 1 Juli 2022

Indonesia dan Jepang Bahas Kelanjutan Proyek Infrastruktur Transportasi

- Kamis, 23 Juni 2022 | 22:35 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah). (dephub.go.id)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah). (dephub.go.id)

TangerangRaya.id - Selama dua hari kunjungan ke Jepang (21-22 Juni 2022) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bertemu dengan sejumlah pejabat pemerintah Jepang (G to G) maupun pihak swasta (G to B), untuk membahas perkembangan proyek infrastruktur transportasi strategis nasional, yang dikerjasamakan dengan Jepang.

Sejumlah proyek strategis tersebut yakni MRT (North-South Fase 2 dan East-West), Pelabuhan Patimban Fase 1-2 (Paket 5 dan 6), Proving Ground, dan Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya.

Menhub berkomitmen untuk terus mengawal keberlanjutan pembangunan infrastruktur transportasi strategis di Indonesia.

Baca Juga: Presiden Lepas Ekspor Ribuan Mobil di Pelabuhan Patimban Subang

“Bapak Presiden meminta kami mengawal ini. Oleh karenanya, saya mendahului datang ke Jepang untuk memastikan kelanjutan pembangunan infrastruktur transportasi, sebelum kunjungan Presiden yang kemungkinan akan hadir ke Jepang bulan Juli nanti,” ujar Menhub dalam konferensi pers, Rabu (22/6).

Terkait kelanjutan proyek pembangunan MRT, pemerintah mendorong percepatan penyelesaian negosiasi kontrak, dan pernyataan komitmen pendanaan, serta mendorong percepatan studi kajian proyek MRT Jakarta East-West.

Pemerintah Indonesia juga mengundang investor Jepang untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan pengembangan Transit Oriented Development (TOD) di kawasan stasiun MRT.

Baca Juga: Inggris Siap Beri Pinjaman Rp 22 Triliun untuk Pengembangan MRT Jakarta

“Alhamdulillah dalam waktu dekat akan ditandatangani satu kepastian pendanaan dari Jepang. Ini suatu hal yang menggembirakan, agar pembangunan MRT bisa terus dilanjutkan,” ujar Menhub.

Selain itu, pemerintah mendorong percepatan negosiasi penawaran proyek Pengembangan Pelabuhan Patimban Fase 1-2 (paket 5 dan 6), yang target penandatanganannya dilakukan tahun ini.

Halaman:

Editor: Saptorini

Sumber: tangerangraya.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wapres Bangga dengan Wajah Baru Sarinah

Kamis, 30 Juni 2022 | 22:45 WIB

EBET Dibutuhkan untuk Menunjang Pembangunan

Rabu, 29 Juni 2022 | 21:50 WIB
X