• Jumat, 1 Juli 2022

Listrik Andal PLN Dukung Produktivitas Tambak Udang di Singkawang

- Rabu, 22 Juni 2022 | 22:54 WIB
Tambak udang modern di Singkawang mendapat dukungan listrik andal PLN.  (bumn.go.id)
Tambak udang modern di Singkawang mendapat dukungan listrik andal PLN. (bumn.go.id)

TangerangRaya.id - PT PLN (Persero) mampu memenuhi kebutuhan listrik untuk tambak udang terbesar dan modern di Kalimantan Barat, khususnya di Singkawang.

Hasil panen pun meningkat drastis, sehingga ekspor ke berbagai negara berlangsung lancar, meski di masa pandemi.

Salah satu perusahaan tambak udang tersebut yang mendapat dukungan listrik PLN adalah Sei Bulan, di Jalan Ratu Sepudak, Kelurahan Sei Bulan, Kecamatan Singkawang Utara, Kalbar.

Baca Juga: PLN Salurkan Stimulus Tarif Listrik Rp24,23 Triliun Selama Pandemi

Perusahaan tambak udang yang beroperasi sejak tahun 2015 ini menempati lahan seluas 15 hektare dengan 36 kolam masing-masing berukuran sekitar 600 m2, yang didukung daya listrik sebesar 131.000 VA.

"Saat ini perusahaan mempekerjakan 30 orang karyawan, belum termasuk beberapa siswa magang yang berasal dari Sekolah Kejuruan Perikanan," tutur Sutikno (58), Kepala Operasional perusahaan Sei Bulan.

Menurutnya, kondisi kelistrikan di Kota Singkawang yang sangat kondusif dan jarang padam membuat usaha yang dia jalankan dapat terus berkembang.

Baca Juga: PLN dan BNI Kolaborasi Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik

Sutikno pun lebih leluasa menambah jumlah kapasitas kolam. Pada tahun 2018 pihaknya mengajukan permohonan pasang baru listrik dengan daya 240.000 VA, dan pada tahun 2020 kembali melakukan pemasangan baru listrik dengan daya yang sama, yakni 240.000 VA.

"Kualitas layanan kelistrikan di Kota Singkawang ini sangat baik. Jika ada kendala atau gangguan listrik di lokasi tambak, Petugas PLN dengan sigap datang memperbaiki," tutur pria asal Sidoarjo, Jawa Timur ini.

Halaman:

Editor: Saptorini

Sumber: tangerangraya.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wapres Bangga dengan Wajah Baru Sarinah

Kamis, 30 Juni 2022 | 22:45 WIB

EBET Dibutuhkan untuk Menunjang Pembangunan

Rabu, 29 Juni 2022 | 21:50 WIB
X