• Jumat, 1 Juli 2022

Atasi Perubahan Iklim, WALHI Desak Pemerintah Tak Keluarkan Izin Baru Alih Fungsi Kawasan Hutan

- Selasa, 21 Juni 2022 | 20:57 WIB
Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) berpendapat bahwa pemerintah memiliki  peran kunci untuk menghentikan kegiatan alih fungsi lahan agar tidak terjadi deforestasi.  (Instagram @karyadi.baskoro)
Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) berpendapat bahwa pemerintah memiliki peran kunci untuk menghentikan kegiatan alih fungsi lahan agar tidak terjadi deforestasi. (Instagram @karyadi.baskoro)

TangerangRaya.id - Melihat dampak krisis iklim yang semakin nyata, maka desakan kepada pemerintah semakin kuat untuk memanfaatkan momentum G20 menghasilkan aksi strategis untuk memitigasi perubahan iklim.

Dampak tersebut bisa dilihat, salah satunya, berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), di mana peningkatan suhu udara di atas rata-rata di beberapa wilayah Indonesia terjadi selama beberapa bulan terakhir.

Bahkan hasil analisis pengukuran suhu permukaan pada 92 stasiun BMKG selama empat dekade terakhir memperlihatkan kenaikan suhu permukaan dengan laju bervariasi.

Baca Juga: DPR Pertanyakan Kinerja Perhutani Soal Kelola Hutan Jawa

Dari sisi lokasi, wilayah Indonesia bagian barat dan tengah mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Misalnya, laju kenaikan suhu udara permukaan di wilayah Jakarta dan sekitarnya sebesar 0,40 - 0,470 Celsius per dekade, lalu Sumatera bagian timur, Jawa bagian utara, Kalimantan dan Sulawesi bagian utara mengalami tren kenaikan > 0,30 Celsius per dekade.

BMKG menekankan bahwa penyebab dari peningkatan suhu udara adalah faktor klimatologis yang dampaknya dipengaruhi oleh fenomena atmosfer.

Analisis big data BMKG juga memprediksikan tren peningkatan suhu udara bisa mencapai meningkat hingga 0,50 Celsius pada tahun 2030.

Baca Juga: Usai Rehabilitasi Lima Orangutan Dilepasliarkan

Halaman:

Editor: Josep Lopiwudhi

Sumber: tangerangraya.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wapres Bangga dengan Wajah Baru Sarinah

Kamis, 30 Juni 2022 | 22:45 WIB

EBET Dibutuhkan untuk Menunjang Pembangunan

Rabu, 29 Juni 2022 | 21:50 WIB
X