• Minggu, 14 Agustus 2022

Wisatawan Asing Sambangi Manado Setelah Pembukaan VOA dan BVK

- Sabtu, 30 April 2022 | 20:49 WIB
Wisatawan mancanegara mulai mengunjungi Manado, Sulawesi Utara, setelah ada fasilitas Bebas Visa Kunjungan dan Visa on Arrival.  (imigrasi.go.id)
Wisatawan mancanegara mulai mengunjungi Manado, Sulawesi Utara, setelah ada fasilitas Bebas Visa Kunjungan dan Visa on Arrival. (imigrasi.go.id)

TangerangRaya.id - Pembukaan fasilitas Bebas Visa Kunjungan (BVK) dan Visa On Arrival (VOA) mulai menunjukkan perkembangan volume kedatangan wisatawan mancanegara di berbagai Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI).

Bandara Sam Ratulangi di Manado, misalnya, kini telah membuka kembali jalur penerbangan internasional dari Singapura.

Kepala Subseksi Pemeriksaan Imigrasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado, Kenneth Rompas mengatakan, penerbangan internasional terjadwal di Bandara Sam Ratulangi setiap hari Rabu dan Jumat.

Baca Juga: Kampung Pink dari Kawasan Rawan Jadi Kampung Wisata

“Sejak dibukanya Bebas Visa Kunjungan dan Visa Kunjungan Saat Kedatangan/Visa On Arrival pada 6 April memang belum langsung ada penumpang yang menggunakan fasilitas tersebut. Tapi sejak 13 April hingga saat ini baru peningkatannya cukup pesat. Tercatat sampai saat ini (data per 26 April 2022) sudah ada 36 orang yang menggunakan fasilitas VOA dan 7 orang menggunakan fasilitas BVK,” ungkap Kenneth.

Untuk VOA paling banyak digunakan oleh warga negara Jerman sebanyak 10 orang, disusul Perancis 6 orang, Swiss 6 orang, Australia 5 orang, United Kingdom 3 orang dan selebihnya Belgia, Finlandia, Polandia, Afrika Selatan, Korea Selatan dan Amerika Serikat masing-masing sebanyak 1 orang.

Baca Juga: Pesona Wana Wisata Pijar Park

“Pada umumnya pasar yang cukup banyak menjadi pengguna Visa Kunjungan Saat Kedatangan adalah pasar dari Benua Eropa,” ujarnya.

Sementara pengguna fasilitas BVK didominasi oleh Singapura sebanyak 4 orang dan Malaysia 3 orang.

Sejak awal pembukaan pintu masuk wisatawan asing di Bandara Ngurah Rai Bali dan Kepulauan Riau, Kantor Imigrasi Kelas I Manado, khususnya petugas di TPI Sam Ratulangi telah mengamati kemungkinan ada peluang.

Baca Juga: Wisata Naik Balon Udara ala Cappadocia di Subang

Halaman:

Editor: Saptorini

Sumber: tangerangraya.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menko PMK Serukan Aksi Nyata Ayo Berkoperasi

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 17:14 WIB

Regulasi Baru, Tarif Ojek Online Bakal Naik

Selasa, 9 Agustus 2022 | 09:17 WIB
X