• Jumat, 1 Juli 2022

Menko PMK Pastikan Semua Pemudik Terangkut

- Sabtu, 30 April 2022 | 19:29 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy (kemenkopmk.go.id)
Menko PMK Muhadjir Effendy (kemenkopmk.go.id)

TangerangRaya.id - Menurut data sementara dari pihak Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, jumlah penumpang di Pelabuhan Merak Banten meningkat drastis, mencapai lebih dari 28.000 orang. Imbasnya kemacetan terjadi hingga pintu tol Merak.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy pun meminta para pemudik untuk tetap tenang dan menjaga keamanan, karena pemerintah memastikan semua akan terangkut ke Sumatera.

Kehadiran Menko Muhadjir dini hari tadi untuk memastikan langsung di Pelabuhan Merak bahwa seluruh proses penyeberangan berlangsung dengan baik.

Baca Juga: 26 BUMN Kompak Antar 40.000 Orang Pemudik

Hal tersebut juga menunjukan bukti keseriusan Pemerintah untuk lmenyelesaikan masalah kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Merak.

“Semua pasti akan diangkut. Karena itu saya mohon sabar untuk menunggu dan menjaga ketertiban. Jangan mudah terpancing karena suasana pasti tidak kondusif,” kata Muhadjir di Pelabuhan Merak, Sabtu (30/4/2022) usai melakukan peninjauan pelayanan penumpang di dermaga.

Kendaraan menumpuk yang berujung pada kemacetan memang terjadi di Pelabuhan Merak, seiring lonjakan jumlah penumpang yang luar biasa. “Tahun ini terjadi lonjakan penumpang yang luar biasa. Peningkatan penumpang sekitar 20 persen dibandingkan tahun 2019,” ujar Muhadjir.

Baca Juga: Ternyata Nyala Lampu Sein Bus Punya Arti Khusus

Untuk mempercepat penguraian pemudik, Muhadjir menyebut bahwa semua pihak termasuk kepolisian dan PT ASDP Indonesia Ferry sudah melakukan berbagai cara.

Polres Cilegon menerjunkan sekitar 1.000 personel untuk mengatur lalu lintas pemudik hingga di Pelabuhan Merak. Sementara ASDP sudah memberlakukan kebijakan penambahan jumlah kapal penyeberangan dan mempercepat proses bongkar muat.

Halaman:

Editor: Saptorini

Sumber: tangerangraya.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wapres Bangga dengan Wajah Baru Sarinah

Kamis, 30 Juni 2022 | 22:45 WIB

EBET Dibutuhkan untuk Menunjang Pembangunan

Rabu, 29 Juni 2022 | 21:50 WIB
X