• Minggu, 14 Agustus 2022

MenKopUKM Dorong Rest Area Jadi Ajang Promosi UMKM

- Jumat, 29 April 2022 | 20:57 WIB
MenKopUKM Teten Masduki (kemenkopukm.go.id)
MenKopUKM Teten Masduki (kemenkopukm.go.id)

TangerangRaya.id - Tahun ini diperkirakan menjadi momentum mudik Lebaran yang paling ditunggu-tunggu setelah hampir dua tahun tertahan akibat pandemi. 

Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) Teten Masduki meminta agar momen mudik jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H ini dimanfaatkan para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk unggulan daerah masing-masing.

Para pelaku UMKM bisa memanfaatkan kawasan rest area yang menjadi lokasi favorit pemudik ketika beristirahat dalam perjalanan ke kampung halaman.

Baca Juga: Menteri PPPA Minta Orang Tua Awasi Anak Bermedia Sosial

Sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 tahun 2021 tentang Jalan Tol, yang merupakan turunan atau aturan pelaksana UU Cipta kerja, secara resmi mewajibkan pengusaha jalan tol mengalokasikan minimal 30 persen lahan mereka di rest area atau tempat peristirahatan untuk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

"Momentum Idul Fitri tahun ini juga harus dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk reborn. Tumbuh kembali, melaju, dan semakin dekat dengan masyarakat Indonesia. Saya berpesan kepada saudara-saudari yang sedang bersiap merayakan Lebaran atau sedang mudik, jangan lupa bangga beli produk UMKM kita," kata Menteri Teten.

Ia melakukan kunjungan sekaligus membuka Bazar Mudik Lebaran 2022 di Rest Area KM 39A Ruas Jakarta-Cikampek, Jawa Barat, Kamis (28/4).

Baca Juga: Waspada Microsleep saat Berkendara Mudik

Menteri Teten berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkolaborasi dalam mewujudkan Bazar Mudik Lebaran di Rest Area. Menurutnya, langkah tersebut sangat efektif membantu UMKM meningkatkan omzet penjualannya.

Pemerintah akan terus memperkuat ekosistem usaha agar UMKM semakin maju, salah satunya dengan memberikan afirmasi pemanfaatan 30 persen infrastruktur publik untuk UMKM, seperti bazar mudik di rest area tersebut.

Halaman:

Editor: Saptorini

Sumber: tangerangraya.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menko PMK Serukan Aksi Nyata Ayo Berkoperasi

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 17:14 WIB

Regulasi Baru, Tarif Ojek Online Bakal Naik

Selasa, 9 Agustus 2022 | 09:17 WIB
X