Hadirnya Akses Tol MNP Tingkatkan Daya Saing Kawasan Industri

- Jumat, 1 April 2022 | 23:13 WIB
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras meninjau proyek tol MNP di Makassar.  (dpr.go.id)
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras meninjau proyek tol MNP di Makassar. (dpr.go.id)

TangerangRaya.id - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras bersama Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI meninjau proyek pembangunan jalan akses Tol Makassar New Port (MNP) di Makassar, Sulawesi Selatan.

Proyek Strategis Nasional (PSN) ini dinilai sangat bermanfaat bagi posisi Makassar sebagai pintu gerbang di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Dengan terbangunnya Tol MNP diharapkan bisa membantu pengiriman logistik dan memudahkan pendistribusian ke daerah-daerah, serta meningkatkan konektivitas pelabuhan dengan jalan tol existing, sehingga waktu tempuh transportasi peti kemas akan lebih cepat dari sebelumnya.

Baca Juga: Resmi 1 Ramadan 1443H Jatuh pada Hari Minggu, 3 April 2022

“Saya harapkan hadirnya askes tol (MNP), tidak lagi mengganggu aktivitas masyarakat pada umumnya karena pengiriman logistik tidak lagi melalui jalan kota yang selama ini menjadi kendala masyarakat di sini. Tentunya hadirnya proyek strategis nasional bisa meningkatkan daya saing kawasan industri di Indonesia baik dalam konteks regional dan internasional,” ungkap Andi Iwan di Tol MNP, Makassar, Sulsel, Kamis, (31/3/2022).

Andi Iwan menilai sebagian besar kendala yang dihadapi dalam PSN yakni proses pembebasan lahan. Akan tetapi hal itu tidak menjadi kendala besar pada proyek Tol MNP.

Baca Juga: Ketua DPR RI Imbau Masyarakat Disiplin Prokes Sambut Ramadan

Ia melihat pembebasan lahan di proyek MNP, koordinasinya sudah sangat baik dari pihak Kementerian PUPR, pemerintah daerah, dan juga Pelindo.

Kecenderungan terjadinya masalah pembebasan lahan, bisa teratasi dengan baik melalui pendekatan persuasif dengan mempertimbangkan sisi kemanusiaan.

Hal itu menjadi kunci keberhasilan penanganan pembebasan lahan, sehingga target pada Juni 2023 bisa terealisasi dan bisa langsung beroperasi.

Halaman:

Editor: Saptorini

Sumber: tangerangraya.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kacang Ercis Sebutan Jadul untuk Polong

Selasa, 24 Mei 2022 | 21:33 WIB

Legislator Imbau Masyarakat Papua Sambut DOB

Senin, 23 Mei 2022 | 19:04 WIB
X