Kejahatan Narkoba Sudah Terstruktur, Sistematis dan Masif

- Minggu, 23 Januari 2022 | 22:29 WIB
Anggota Komisi III DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah (dpr.go.id)
Anggota Komisi III DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah (dpr.go.id)

TangerangRaya.id - Anggota Komisi III DPR RI Achmad Dimyati Natakusumah menilai bahwa kejahatan narkoba sudah dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan masif.

Salah satu bukti kerja TSM itu, menurutnya, saat ada kasus narkoba yang melibatkan bandar besar atas nama Cai Changpan yang beberapa waktu lalu ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kota Tangerang. Bandar narkoba ini lalu kabur dari lapas, namun ditemukan tewas, entah bunuh diri atau dibunuh oleh oknum.

Kasus-kasus seperti itu, jelas Wakil Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI ini, mengakibatkan mata rantai kasus narkoba tidak pernah bisa ditemui hingga ke ‘bos besar’nya.

Baca Juga: Pandeglang Rawan Bencana Alam DPR Sarankan Pemkab Segera Relokasi Penduduk

“Saya sih melihat bos besar narkoba ini sampai sekarang tidak pernah tertangkap. Yang tertangkap itu baru oknum-oknum saja. Hanya beberapa bos besar masih ketawa. Siapa orangnya? Ya alat negara harus bisa deteksi dini,” ujar Dimyati.

Dimyati menambahkan, dalam sebuah kampung di masyarakat biasanya terdapat pemakai narkoba. Hanya keberadaan mereka tidak terbuka, entah karena malu atau tidak mampu membeli karena harga zat adiktif itu mahal.

Akhirnya, masyarakat pengguna narkoba di kampung tersebut melakukan tindakan kriminal, seperti merampok, menipu, dan sebagainya. “Nah, si oknum penegak hukum itu yang seharusnya menangkap malah ikut jadi penjahat,” jelasnya.

Baca Juga: Segera Cuci Jika Motor Usai Dipakai dalam Kondisi Hujan

Karena itu, ia tak ragu sampaikan berkali-kali bahwa kejahatan narkoba itu tidak bisa dilakukan semata oleh birokrasi, baik eksekutif atau legislatif.

Ada keterlibatan white collar crime berupa pemodal atau cukong yang berasal dari kalangan pengusaha besar.

Halaman:

Editor: Saptorini

Sumber: tangerangraya.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kacang Ercis Sebutan Jadul untuk Polong

Selasa, 24 Mei 2022 | 21:33 WIB

Legislator Imbau Masyarakat Papua Sambut DOB

Senin, 23 Mei 2022 | 19:04 WIB
X