Pandeglang Rawan Bencana Alam DPR Sarankan Pemkab Segera Relokasi Penduduk

- Minggu, 23 Januari 2022 | 20:53 WIB
Anggota Komisi VIII DPR RI Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya (dpr.go.id)
Anggota Komisi VIII DPR RI Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya (dpr.go.id)

TangerangRaya.id - Anggota Komisi VIII DPR RI Mochamad Hasbi Asyidiki Jayabaya mengusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Banten, agar segera merelokasi permukiman penduduk, khususnya di Kecamatan Sumur.

Pasalnya, ada ancaman gempa bumi dari Selat Sunda yang dapat terjadi sewaktu-waktu dan lebih dahsyat dari gempa yang terjadi di Banten 14 Januari lalu.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa megathrust berkekuatan hingga M 8,7 berpotensi terjadi di wilayah Selat Sunda. 

Baca Juga: Segera Cuci Jika Motor Usai Dipakai dalam Kondisi Hujan

Hasbi mengungkapkan hal itu usai mengikuti pertemuan tim Kunjungan Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Bupati Pandeglang Irna Narulita beserta jajaran, perwakilan Kementerian Sosial dan jajaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Kabupaten Pandeglang, Jumat, (21/1/2022).

"Sudah seharusnya ada relokasi, khususnya di Kecamatan Sumur, seperti yang kita tahu pada tahun 2018 pernah terjadi tsunami, kemudian awal 2022 ini mengalami gempa bumi di lokasi yang sama, hampir di titik yang sama. Pemerintah Daerah dan pemerintah pusat maupun Komisi VIII DPR harus mengambil langkah untuk segera merelokasi tahun ini. Apalagi di daerah ini BMKG sudah menjelaskan ada megathurst yang bisa terjadi lebih dari 8 skala Richter, ini sangat berbahaya," jelas politisi PDI-Perjuangan ini.

Baca Juga: Santriwati Pensantren Daar El-Qolam 3 Terima Pelatihan Entrepreneurship dari Angkasa Pura II dan Gellar Makmur

Legislator dapil Banten I ini menambahkan, agar Pemkab Pandeglang segera bersurat atau duduk bersama dengan Kementerian ATR/BPN dan juga Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk memikirkan daerah mana saja yang dapat dijadikan tempat relokasi penduduk Kecamatan Sumur.

"Agar bisa dipikirkan di mana saja daerah yang misalnya ada lahan pemerintah yang tidak terpakai atau tidur untuk sementara bisa dijadikan tempat relokasi warga Kecamatan sumur," ujarnya.

Baca Juga: Kementerian PUPR Manfaatkan Teknologi 3D Printing untuk Bangun Rumah Khusus

Halaman:

Editor: Saptorini

Sumber: tangerangraya.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kacang Ercis Sebutan Jadul untuk Polong

Selasa, 24 Mei 2022 | 21:33 WIB

Legislator Imbau Masyarakat Papua Sambut DOB

Senin, 23 Mei 2022 | 19:04 WIB
X