• Minggu, 24 September 2023

Bank DBS Gandeng DANA Berkolaborasi Layanan DBS RAPID

- Rabu, 24 Mei 2023 | 21:13 WIB
Bank DBS Indonesia mengombinasikan fitur API pada layanan DBS RAPID. (DBS Indonesia)
Bank DBS Indonesia mengombinasikan fitur API pada layanan DBS RAPID. (DBS Indonesia)

Tangerangraya.id – Riset Google, Temasek, Bain & Company mendapati sebanyak 51 persen populasi Indonesia tidak memiliki rekening karena belum mendapatkan akses ke lembaga keuangan (unbanked).

Pada laporan yang sama, sebanyak 26 persen masyarakat Indonesia belum memiliki akses layanan sesuai dengan keinginannya, seperti kartu kredit, asuransi, tabungan jangka panjang (underbanked).

Untuk mengakselerasi inklusi keuangan di Indonesia, DANA (P.T Espay Debit Indonesia Koe) hadir sebagai dompet digital yang memberikan solusi bagi segmen unbanked dan underbanked di Indonesia.

Ini sejalan dengan target inklusi keuangan yang diprakarsai oleh pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Moxa Bersama FIFGROUP Hadirkan Pinjaman Modal Usaha untuk UMKM hingga Rp 500 Juta

Bekerja sama dengan nasabah Fintech, e-commerce, dan e-marketplace untuk menciptakan solusi digital yang mendukung perekonomian digital Indonesia, kolaborasi antara DANA dan Bank DBS Indonesia berawal sejak bulan Agustus 2022.

Kolaborasi ini berfokus mentransformasikan layanan Real Time Application Programming Interface (API) by DBS atau DBS RAPID untuk memproses pembayaran, pelunasan piutang, dan informasi transaksi secara real time ke dalam alur kerja bisnis selama 24 jam.

Dengan kata lain, nasabah korporasi dapat fokus dalam mengembangkan bisnis mereka tanpa harus mengkhawatirkan proses kompleks di balik layar.

Rangga Wiseno, Chief Product Officer DANA, awalnya berambisi menciptakan aplikasi teknologi finansial dengan layanan pembayaran yang transparan dan mudah digunakan bagi masyarakat.

Baca Juga: Mau Beli secara Online, Lakukan Ini Dulu agar Tidak Tertipu

Sebagai dompet digital berbasis nomor telepon genggam, DANA menawarkan layanan pengisian saldo, pengiriman uang, pembayaran tagihan online dan offline, top-up game online, serta transaksi menggunakan barcode scan di berbagai gerai dan e-commerce.

Tidak sampai di situ, DANA turut menghadirkan fitur layanan transfer bebas biaya ke bank dan non-bank.

Saat ini, berbagai layanan DANA sudah dinikmati oleh 144 juta pengguna.

“Kami percaya seluruh masyarakat berhak atas akses ke layanan keuangan."

Halaman:

Editor: Josep Lopiwudhi

Sumber: tangerangraya.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Shopee Main Blokir Akun Bikin Seller Kehilangan Saldo

Selasa, 8 Agustus 2023 | 13:08 WIB

Emiten Bandel

Senin, 7 Agustus 2023 | 19:21 WIB
X